Head Office

Serut, RT 2/RW 8, Tulungagung, Jawa Timur

+62 812 7399 9567

Andi Wijaya / Alex

Sen - Jum: 10:00 - 17:30

Customer Service selalu siap

Pelajari tentang jenis truk, ukuran dan kapasitas muatannya

Armada Tronton, trailer , Low Bet , Wing Box , Fuso Box , Cdd Box

Truk merupakan kendaraan yang sering digunakan untuk mengangkut barang mulai dari yang ringan hingga yang berat. Penggunaan truk sebagai logistik untuk mengangkut atau mengantarkan barang sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha.

Banyak bisnis atau perusahaan menggunakan berbagai jenis dan ukuran truk ini. Bagi yang akan menggunakan truk ini untuk transportasi, ada baiknya mengetahui jenis, ukuran dan kapasitas masing-masing truk.

Dengan cara ini, truk yang Anda pilih akan sesuai dengan kebutuhan Anda, membuat pekerjaan menjadi lebih efisien. Lantas, jenis truk apa saja yang ada, seberapa besar dan berapa kapasitas yang bisa ditampungnya? Artikel berikut memberi Anda informasi lengkap.

Jenis Truk, Volume, dan Kapasitasnya

1. Truk Pickup

Truk jenis ini paling umum dan laris di Indonesia. Truk pickup adalah truk dengan rangka individu dan badan terbuka. Pickup yang paling populer adalah pickup L300, bagasi, dan kulkas. Mengambil L300 sering digunakan untuk membawa item acak. Masing-masing dari ketiganya juga memiliki volume dan kapasitas yang berbeda. Volume pickup L300 adalah Panjang: 230cm, Lebar: 140cm, Tinggi: 30cm. Pickup dapat membawa beban maksimum 1 ton dan ukuran volume 6 meter kubik. Kotak pikap dan pendingin pikap memiliki panjang 230 cm, lebar: 140 cm, tinggi: 124 cm. Jumlah maksimum kargo yang dapat diangkut juga sama, keduanya 1 ton, namun ukurannya relatif kecil, yakni 4 CBM.

2. Truk Colt Diesel Engkel (CDE)

Truk Colt diesel ankle masih termasuk dalam kategori truk kecil atau truk ringan. Meski masih biasa disebut sebagai ankle truck dari segi body dan payload, masih lebih besar dari pickup truck. Truk pergelangan kaki memiliki dua as roda dan hanya 4 roda, 2 di depan dan dua di belakang.
Truk CDE tersedia dalam empat model truk, CDE box, CDE bak, CDE berpendingin dan CDE los bak. Keempat model tersebut memiliki volume yang hampir sama, 9 – 11 CBM, dengan rincian panjang 300 cm, lebar 160 cm, dan tinggi 160 cm.
Kapasitas rata-rata truk CDE ini sekitar 1,5 – 2,5 ton. Truk CDE sering dipilih karena dapat dengan aman mengangkut barang dari distributor ke supermarket atau pabrik dan gudang.

3. Truk Colt Diesel Double (CDD)

Truk Colt diesel kembar dikenal luas sebagai truk joging. Sebenarnya ada 2 truk dengan total 6 roda, 2 di depan dan 4 di belakang. Ini sering digunakan untuk mengangkut produk kebun atau produk pertambangan, tetapi juga di jalan setapak dengan medan yang kasar.

Ukuran rata-rata truk CDD adalah 11 – 43 CBM dan kapasitas angkut 2,5 – 14 ton. Ada beberapa jenis truk CDD antara lain CDD box, CDD bucket, CDD los baks, CDD long box, CDD bucket, CDD box berpendingin dan CDD ember galon.

Masing-masing jenis truk CDD ini tersedia dalam ukuran dan kapasitas volume yang berbeda.

4. Truk Fuso

Ada dua jenis truk fuso, yaitu fuso bucket dan fuso box. Truk tersebut memiliki dimensi volume 25 CBM, panjang 700 cm, lebar 250 cm dan tinggi 260 cm. Kapasitas angkut maksimum hingga 10 ton.

5. Truk Tronton

Truk tronton merupakan truk utama yang banyak digunakan dalam jasa ekspedisi dan pengiriman barang karena harganya yang relatif terjangkau. Truk tronton ada empat jenis yaitu tronton box, tronton tub, tronton car carrier dan tronton berpendingin truk, dan ukuran volume dari keempat jenis truk tronton ini adalah 30 CBM. Truk tronton ini mampu menampung kapasitas muatan antara 10 hingga 20 ton.

6. Truk Wing Box

Keunggulan wing Box adalah dapat dibuka di sisi kiri dan kanan, sehingga memudahkan untuk bongkar muat barang. Wing box truck memiliki volume 65 CBM dan kapasitas angkut hingga 20 ton.

7. Truk Trailer

Trailer ini dirancang sebagai kendaraan kargo untuk ekspedisi peralatan dan kendaraan berat. Ada beberapa jenis trailer ini, masing-masing dengan ukuran maksimal 64 CBM. Muatan maksimum yang dapat diangkut adalah 20 hingga 32 ton.

8.     Container

Container merupakan untuk menyimpan barang berukuran besar dan bukanlah sebuah armada. Dimensi volume dari kontainer ini yaitu sekitar 33 – 64 CBM dengan kapasitas maksimal muatan hingga 30 ton.

Itulah penjelasan mengenai berbagai jenis, volume dan kapasitas muatan truck, semoga artikel dari Khanza Amanah Logistic dapat memberikan manfaat dan pengetahuan bagi Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *