Head Office

Serut, RT 2/RW 8, Tulungagung, Jawa Timur

+62 812 7399 9567

Andi Wijaya / Alex

Sen - Jum: 10:00 - 17:30

Customer Service selalu siap

Pahami perbedaan antara layanan logistik dan Freight Forwarding

Perbedaan Antara Jasa Logistik dan Freight Forwarding

Bagi sebagian besar pelaku bisnis saat ini, jasa pengiriman adalah mitra bisnis yang membutuhkan jasanya. Pada saat yang sama, dengan perkembangan teknologi dan komunikasi dalam beberapa tahun terakhir, kegiatan bisnis juga berkembang.

Kini, aktivitas perdagangan tidak hanya berlangsung secara tradisional, tetapi juga secara digital. Baru-baru ini, transaksi digital lebih diminati masyarakat saat ini daripada transaksi tradisional. Pasalnya selain bisa membeli barang-barang yang tidak tersedia di area tersebut, juga semakin mudah berbelanja secara digital. Ini tidak lain adalah dukungan jasa pelayaran yang menjadi urat nadi perdagangan antar daerah.

Ya, jasa pengiriman sudah menjadi bagian penting untuk mengantarkan produk dari produsen ke konsumen dengan aman dan benar. Nah, bagi sebagian merchant yang baru memulai bisnis digital commerce sepertinya perlu mengetahui istilah shipping agar bisa mempermudah proses pengiriman barang ke konsumen nantinya. Oleh karena itu, artikel ini didedikasikan untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang layanan pengiriman dalam bentuk logistik dan layanan pengiriman barang, yang akan menjadi informasi tambahan nanti.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak informasi di bawah ini seputar jasa pengiriman, logistik dan freight forwarding di bawah ini!

Apa itu Jasa atau Layanan Pengiriman?

Sebelum memahami perbedaan antara layanan logistik dan freight forwarding, pertama-tama perlu dipahami apa itu layanan pengiriman. Layanan pengiriman sendiri dirancang untuk memudahkan proses pengiriman dan memastikan proses pengiriman lancar dan aman.

Adapun jenis pengiriman ini sendiri ada yang dilakukan via transportasi darat, yakni menggunakan truk, bus, mobil dan sepeda motor. Ada juga pengiriman via laut dengan menggunakan kapal kargo, biasanya pengiriman barang dilakukan dalam skala besar.

Pengiriman jenis lain yakni pengiriman barang via udara yang mana bertujuan untuk menyingkat waktu supaya lebih praktis dan lebih cepat. Biasanya lebih kepada barang yang cukup demanding di kalangan masyarakat di suatu wilayah.

Perbedaan Antara Layanan Logistik dan Freight Forwarding

Dalam jasa pengiriman, terdapat banyak jenis jasa pengiriman, antara lain jasa logistik dan jasa ekspedisi. Kedua layanan ini masih baru bagi kebanyakan orang.

Padahal, kedua jenis jasa pengiriman tersebut banyak digunakan untuk mengangkut barang dari satu daerah ke daerah lain dengan mudah dan cepat. Berikut ini adalah perbedaan antara layanan logistik dan freight forwarding.

Jasa Logistik

Jasa logistik atau yang kerap juga disebut dengan jasa ekspedisi merupakan suatu layanan jasa pengiriman dari sebuah perusahaan yang berfokus pada barang yang jumlahnya kecil. Adapun tarif sendiri ditentukan dari volume dan berat barang yang akan dikirim.

Selain volume, jarak yang ditempuh yang ditempuh juga menjadi pertimbangan penentuan tarif yang dibebankan kepada pengirim. Biasanya semakin jauh tujuan dan barang yang dikirim semakin berat maka biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit.

Adapun meski berpatokan pada berat barang, namun di beberapa layanan jasa pengiriman tidak terlalu menekankan berat yang telah ditentukan. Biasanya barang dengan berat yang hampir mencukupi juga dapat diterima untuk nantinya dikirim lewat layanan ekspedisi.

Pada pendistribusian barang pada layanan logistik sendiri dapat melalui darat, laut maupun udara. Ketiga layanan tersebut digunakan berdasarkan dari tujuan barang yang nantinya akan dituju. Jangkauannya sendiri dapat secara nasional yakni antar wilayah maupun antar pulau.

Bahkan dapat pula secara internasional, yakni antar negara, atau bahkan antar benua. Layanan jasa logistik akan menempatkan kantor cabang yang beroperasi di setiap wilayah jangkauan dari distribusi barang.

Freight Forwarding

Jasa freight forwarding seringkali identik dengan kegiatan pengiriman antar negara melalui kegiatan impor dan ekspor. Ya, layanan ini dikenal masyarakat sebagai layanan yang berhubungan dengan tujuan luar negeri melalui kegiatan impor dan ekspor.

Dalam pengertiannya, freight forwarding adalah jasa yang mengangkut barang dengan tujuan suatu tempat ke tempat lain. Dalam pelayanannya, freight forwarding merupakan proses pengiriman yang dimulai dari pengemasan, penyimpanan dan pengiriman barang.

Freight forwarding bertugas sebagai perantara yang menghubungkan antara produsen barang dengan jasa pengiriman yang nantinya mengirimkan barang kepada jasa pengiriman yang mempunyai peran dalam pengiriman.

Layanan freight forwarding sendiri punya harga yang murah dengan rute yang cenderung lebih ekonomis dan juga lebih cepat. Disesuaikan dengan kebutuhan dan barangnya.

Demikian informasi dari Khanza Amanah Logistic berkaitan dengan perbedaan jasa logistik dan freight forwarding yang mana keduanya memiliki layanan masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan dari pelanggan yang menggunakan jasa pengiriman.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *